Tren berjualan lewat sosial media saat ini telah banyak merubah gaya hidup masyarakat. Tidak hanya dinilai dari mudah dan praktis tapi juga produk yang ditawarkan juga lebih menarik.
Beragam fitur-fitur unggul yang ditawarkan oleh setiap sosial media dinilai lebih memudahkan proses promosi sampai pembelian produk. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin mencoba memulai bisnis online.
Diantara banyaknya sosial media saat ini, Facebook dan Instagram adalah 2 sosial media yang paling banyak di gunakan untuk dimanfaatkan sebagai media untuk promosi atau berjualan online.
Hal ini dipengaruhi oleh jumlah pengguna aktif kedua sosial media ini yang cukup banyak dibandingkan sosial media lainnya sehingga menjadikan keduanya sebagai sosial media dengan jumlah akun bisnis online terbanyak.
Di Indonesia sendiri pengguna aktif facebook terhitung sebanyak 88 juta pada tahun 2016 sedangkan pengguna aktif instagram adalah 22 juta pada tahun 2016 dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah pada keduanya.
Kedua sosial media ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari penggunaannya dan jenis bisnis yang dipilih.
Untuk pembahasan marketing bisnis online pada posting kali ini akan membahas seputar kelebihan dan kekurangan Facebook dan Instagram.
Jadi sebelum mencoba bisnis online, sebaiknya baca terlebih dahulu penjelasan mengenai perbedaan dan perbandingan antara kelebihan dan kekurangan antara kedua sosial media ini sebagai berikut :
Pembahasan facebook akan saya ulas terlebih dahulu.
1. Gambar atau Foto
Upload gambar atau foto sudah serasa menjadi trend di banyak sosial media, tapi kelebihan dari upload image oleh facebook adalah kualitas gambar yang tidak akan berubah. Sehingga detail gambar pada produk akan terlihat lebih jelas, dan tentu dari sisi konsumen ini akan lebih terpuaskan karena konsumen dapat melihat kualitas produk hanya dari gambar dan memudahkan mereka dalam membuat keputusan pembelian.
- Kekurangan dari fitur gambar pada facebook adalah harus mengedit sendiri foto yang akan diupload dengan perangkat atau software lain, Editing foto yang dapat diberikan oleh facebook hanyalah crop picture (memotong gambar) dan tag picture (memberi tanda pada gambar). Biasanya ini akan menjadi sebuah kemalasan pengguna untuk memaksimalkan upload gambar sehingga keingginan yang ingin di capai tidak bisa on target.
2. Video
Fitur upload video memang pada awalnya tidak terlalu banyak digunakan di facebook namun, sekarang sudah sering digunakan karena persaingan bisnis online yang semakin banyak dan ketat sehingga menuntut banyak strategi promosi yang kreatif dalam memperkenalkan dan menjual produk.
- Kelebihan upload video dari facebook sama seperti image adalah kualitas video tidak akan berubah, bahkan tidak ada batasan durasi pada facebook karena kapasitas yang facebook punya lebih besar dari sosial media lainnya.
- Kekurangannya adalah Anda harus mengedit melalui aplikasi lain jika ingin memberi efek pada video yang diupload.
3. Fans Page
Fans Page adalah fitur terbaik yang ditawarkan oleh Facebook kepada Anda yang ingin membuka bisnis online. Membuat akun fanpage ini pun cukup mudah, salah satu syaratnya adalah harus memiliki akun pribadi pada Facebook terlebih dahulu kemudian selanjutnya bisa membuat akun fanspage untuk modal anda memulai bisnis online terlebih pada fitur fanspage facebook ini banyak pilihan menu untuk ide kamu.
- Kelebihan dari fanspage ini untuk bisnis adalah Anda dapat bebas melakukan update terhadap produk tanpa takut tercampur dengan konten pribadi dan tentunya memudahkan para calon konsumen dalam mengetahui informasi mengenai produk Anda.
Baca Juga :
Cara Terbaik Riset Produk Laris
Paham dengan kelebihan dan kekurangan Facebook mari kita bahas Instagram :
1. Gambar Atau Foto
Instagram adalah sosial media pertama yang menggunakan gambar sebagai konten utama, oleh karena itu instagram memiliki berbagai macam jenis fitur pengeditan efek dan filtrasi yang unik dan lucu yang dapat diterapkan pada gambar yang di akan upload ke instagram. Jadi Anda tidak perlu repot lagi menggunakan aplikasi lain untuk mengedit foto yang akan diupload.
- Kelemahan pada instagram adalah gambar tidak bisa disimpan (didownload) dan harus menggunakan aplikasi lain untuk mendownload. Selain itu kualitas dari gambar yang didownload dari instagram kualitasnya akan menurun.
2. Video
Fitur upload video adalah konten utama kedua di instagram selain gambar, yang dapat kamu gunakan untuk mempopulerkan produk bisnis, dengan mengupload video singkat tentang produk kamu di harapkan ini dapat menjadi larisnya jualan kamu.
- Kelemahan dari upload video ini juga terjadi pada gambar, yaitu kualitas dari video akan menurun saat ingin mendownloadnya. Selain itu durasi video yang bisa diupload maksimalnya hanyalah 1 menit saja.
3.Hashtag
Layaknya sebuah keyword pada search engine, fungsi dari hashtag pada instagram tidak jauh berbeda dari sosial media twitter, dengan menggunakan hashtag pengguna dapat langsung masuk ke topik yang ingin dilihat atau dicari.
Hashtag ini tentu akan sangat membantu Anda dalam mempromosikan produk.
Cukup dengan mencantumkan hashtag terpopuler pada caption gambar produk yang diupload atau membuat hashtag unik yang hanya dimiliki oleh produk Anda. Tepat mecantumkan hashtag akan mempercepat proses penyebaran informasi mengenai produk.
4. Instastory
Fitur terbaru dari instagram ini menawarkan fitur-fitur tambahan dalam mengedit gambar atau video. Seperti menaruh stiker atau teks tambahan pada konten yang diupload baik gambar ataupun video.
- Kelemahan dari fitur ini adalah konten yang diupload akan hilang dalam kurun waktu 24 jam dan durasi video yang diupload maksimal hanya 10 detik saja.
Baca Juga :
Cara Terbaik Mengecek Status Website Penipu Atau Tidak
Dari kesimpulan di atas dapat kita ambil adalah setiap sosial media meskipun memiliki fitur yang sama akan tetapi juga memliki kelebihan dan kekuranganya masing - masing, jadi untuk kamu yang ingin memulai bisnis online dengan dukunga sosial media bisa lebih mengoptimalkanya dan kalian bisa memilih salah satu atau juga keduanya.