Tuesday, March 14, 2017

Solusi Terbaik Atasi Pembaruan Alogaritma Google Freed Untuk Blog


Pembaruan Algoritma Google Fred pada Blog utamanya Google - Pada tanggal 8 Maret 2017 lalu, dikabarkan bahwa Google sudah mengupdate algoritmanya. Update terakhir tersebut dikenal dengan nama Google Fred. Pihak Google sendiri belum memberitahukan dengan cara resmi, apa yang sebetulnya terjadi.

Update Google yang satu ini hanyalah proses peningkatan-peningkatan kinerja mesin pencari bedasarkan data terstruktur sebelumnya. Tujuannya tak lain merupakan untuk kepuasan pengunjung.
Akan tetapi, dengan munculnya algoritma Google Fred ini, membikin berbagai blog / situs merasakan imbas yang tak lebih mengenakan. Meskipun berbagai justru merasa lebih baik. Lalu apa saja akibat yang dirasakan blog / situs yang terkena imbas Google Fred ....?

  1. Ranking SERP turun serta Trafik pengunjung anjlok (Blackhat)
  2. Ranking SERP naik serta Trafik pengunjung melonjak (Whitehat)
  3. Pageview turun, namun visitor naik
  4. Artikel yang terindex berkurang
  5. Artikel hilang dari peredaran

Apa yang sebetulnya terjadi ...... 
Berdasarkan info yang beredar luas di internet, Update Google Fred ini, berkaitan dengan yang namanya "Link Terkait". Yaitu link yang kami pasang di postingan kita, baik itu internal link maupun eksternal link.
Hal ini berkaitan dengan banyaknya praktek seo blackhat yang memberikan backlink spam dengan blog-blog yang tak berkualitas / blog zombie / blog dummy.

Apa yang wajib kami lakukan .....
Setelah mengenal akibat serta apa yang sebetulnya Google inginkan, jadi waktunya Kamu untuk mengikuti alur serta membikin taktik supaya blog Kamu justru terus membaik peringkat SERPnya serta trafiknya terus meningkat.

Penting ... !!! Ikuti berbagai langkah mudah berikut ini ....

1. Optimasi Internal Link
Internal link merupakan link yang tetap berada di blog kita. Pastikan bahwa link yang terkait, ada hubungannya dengan topik yang sedang dibahas di dalam artikel.
Hindari penggunaan fitur "Baca Juga" yang linknya mengarah ke halaman yang tak ada kaitannya dengan topik yang dibahas.

Hal ini berlaku juga untuk Postingan terkait yang berada dibawah artikel. Pastikan sebisa mungkin bahwa postingan yang timbul tetap berkaitan dengan isi postingan (Paling tidak, tetap satu label / kategori)

2. Optimasi Eksternal Link
Eksternal link merupakan link yang mengarah ke blog lain. Tetap sama semacam internal link, pastikan bahwa link tersebut mengarah ke halaman yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas.
Beberapa eksternal link yang memungkinkan untuk dipasang adalah :

Link sumber
Misal Kamu mengulas lidah buaya, jadi dapat ditulis "Berdasarkan Wikipedia (link-ke-Wikipedia), Lidah buaya merupakan ....

Link praktik
Misal Kamu mengulas tutorial submit sitemap, jadi dapat ditulis "Pertama Kamu wajib ke Google Search Console (link-ke-google-webmaster), Seusai itu ....
Nah, kedua contoh diatas tetap bersifat nyambung dengan topik yang dibahas. Jadi justru bersifat keren di mata Google.

3. Optimasi Komentar
Kita tahu bahwa komentar mengandung eksternal link (menuju blog komentator). Disini Kamu tak wajib menghilangkan komentar tersebut alias mematikan link pada nama.
Yang butuh Kamu perbuat merupakan meminimalisir adanya komentar spam serta komentar yang tak relevan. Kalau ada komentar yang mengatakan "Nice Berita", "Ditunggu kunbalnya", dll, saya rasa itu tak butuh kami pertahankan.

Disini saya punya postingan Tutorial Supaya Tak sedikit Komentar Relevan di Blog . Nah, ini salah satu praktik Internal linking yang benar / yang diinginkan Google Fred.
Kesimpulan

Jika blog Kamu saat ini bermain bersih (tidak nyepam komentar, tak menggunakan blog zombie untuk mendapat backlink, dll), jadi kemungkinan blog Kamu tetap aman alias justru ranking SERP malah meningkat serta begitu juga dengan trafik pengunjung.